Bagaimana Menghilangkan Bau Kaki Secara Cepat

Bagaimana Menghilangkan Bau Kaki Secara Cepat

Bau tidak sedap adalah permasalahan serius bagi setiap orang. Salah satunya adalah bau kaki. Aroma tak sedap pada kaki disebabkan oleh berbagai hal. Pola hidup tidak sehat seperti pemakaian sepatu dan kaos kaki lembab atau belum kering, menyebabkan timbulnya bau. Selain itu, biang keringat dan kuman juga menjadi sebab munculnya aroma yang mengganggu. Sepatu dan kaos kaki yang tidak bersih, berpotensi menimbulkan bercampurnya kuman dan keringat. Kurangnya ventilasi akibat sepatu yang terlalu rapat juga menyebabkan sirkulasi udara tidak memadai, sehingga kaki cepat berkeringat dan lembab. Persoalan bau kaki juga dapat menjadi momok setiap orang, apabila berkepanjangan dan tidak segera ditangani. Dengan demikian, diperlukan cara untuk menghilangkan bau kaki dengan segera.

Rangkaian Cara Efektif Menghilangkan Bau Kaki

Keringat dan kuman yang menjadi penyebab timbulnya bau kaki, dapat dihilangkan dengan pola hidup sehat. Membersihkan kaki setelah mengenakan sepatu, mampu menghilangkan bau. Selain itu, menjaga sirkulasi udara saat memakai sepatu juga penting. Jadi, hindari pemakaian sepatu yang terlalu rapat. Selain membersihkan kaki selepas bersepatu dan menjaga sirkulasi udara, terdapat berbagai hal lain sebagai tips untuk menghilangkan bau kaki yang timbul. Berikut ini merupakan beberapa cara untuk menghilangkan bau kaki secara cepat.

  1. Gunakan Sepatu dan Kaos Kaki yang Bersih

Apabila sudah mengalami bau pada kaki, maka penggunaan sepatu dan kaos kaki yang bersih adalah cara untuk menghilangkannya. Bau tidak sedap tersebut dapat timbul karena keringat dan kuman yang bercampur. Kaos kaki yang sudah dipakai beberapa hari, akan basah terkena keringat dan kuman. Sepatu juga demikian. Untuk menghindarinya, sebaiknya Anda mengganti kaos kaki setiap dua atau tiga hari sekali dan menjemur sepatu agar tetap dalam kondisi kering. Kebersihan sepatu juga harus diperhatikan, agar kuman dan sisa keringat tidak menimbulkan aroma tidak sedap.

  1. Rendam Kaki dengan Air Perasan Jeruk Lemon

Merendam kaki dengan air perasan jeruk lemon merupakan cara alami dalam menghilangkan bau kaki. Senyawa asamnya berkhasiat membunuh kuman penyebab bau. Cara penggunaannya adalah dengan memeras 1-2 buah lemon. Selanjutnya, campurkan air perasan tersebut dengan 1 gelas air hangat. Lalu, kompres air tersebut ke bagian kaki secara merata. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air dingin hingga bersih.

  1. Balurkan Tepung Maizena Pada Kaki

Kandungan senyawa dalam tepung maizena dapat menghilangkan bau kaki yang membandel. Cara penanganannya adalah dengan menaburkan tepung pada telapak dan sela-sela jari kaki. Diamkan tepung tersebut selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

  1. Menggunakan Sabun Anti Bakteri

Penggunaan sabun antibakterial dapat membunuh kuman dan bakteri. Anda dapat menggunakan sabun tersebut secara rutin untuk menghilangkan bau kaki secara cepat.

  1. Konsumsi Makanan Mengandung Zinc dan Magnesium

Selain penanganan eksternal, penanganan internal juga diperlukan untuk menghilangkan bau kaki dengan lebih efektif. Konsumsi makanan yang mengandung zinc, seperti biji labu, yoghurt, daging sapi, dan salmon, dapat menghilangkan bau kaki. Selain itu, magnesium juga dapat menghilangkan bau kaki. anda dapat mengonsumsi kacang hitam, beras merah, dan kacang almond, untuk memperoleh zat magnesium tersebut.

Beberapa langkah menghilangkan bau kaki dengan efektif tersebut dapat menjadi saran bagi Anda untuk menyelesaikan persoalan aroma yang tidak sedap pada kaki. Rangkaian cara tersebut juga harus dilakukan secara rutin agar benar-benar berkhasiat menghilangkan bau kaki dengan cepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *