Jadwal Imsakiyah 2017 Terbaru

Jadwal Imsakiyah 2017 Terbaru

Jadwal Imsakiyah 2017 – Bulan puasa dalah 1 dari 12 bulan yang sangat dinanti oleh kaum muslimin di seluruh belahan dunia. Hal ini karena bulan puasa adalah bulan yang penuh keistimewaan karena dalam bulan ini segala amal akan dilipatgandakan. Sebagai umat muslim, ada baiknya kita juga menyambut bulan puasa dengan penuh kegembiraan dan juga berlomba untuk berbuat amal kebaikan.

Di antara keistimewaan bulan puasa adalah;

  1. Bulan Diturunkannya Al-Quran

Bulan puasa adalah bulan dimana kitab Al-Qur’an) diturunkan.

  1. Amal Sholeh Yang Berlipat Ganda

Sebagai muslim yang beramal sholeh dan juga kewajiban bagi seorang muslim saat bulan ramadhan bisa mendapat balasan yang berlipat ganda, bahkan hingga 70 kali lipat banyaknya.

  1. Bulan penuh Keberkahan

Saat bulan puasa, umat muslim berkesempatan untuk mensucikan diri dan kembali ke jalan yang benar dan memperoleh keberkahan yang nilainya sama dengan kebaikan seribu bulan. Sudah sepatutnya sebagai umat muslim kita juga memanfaatkan momentum bulan puasa ini untuk memperbaiki segala amal dan perilaku kita.

  1. Ramadhan Bulan Pengampunan Dosa

Pada bulan puasa Ramadhan, umat muslim juga memiliki kesempatan untuk mendapat pahala yang sebanyak-banyaknya, bahkan menjalankan ibadah dengan sempurna pada bulan puasa akan membuat seorang muslim kembali suci seperti bayi yang baru lahir.

  1. Pintu Surga Dibuka, Pintu Neraka Ditutup

Dibukakannya pintu maaf yang selebar-lebarnya dan untuk kembali ke jalan yang lurus saat bulan ramadhan menjadi bulan yang penuh keistimewaan di antara bulan-bulan lainnya.

  1. Bulan yang Mendidik untuk Mencapai Ketaqwaan

Menahan diri untuk makan dan minum saat haus mulai jadwal imsakiyah 2017, lapar dan serta menahan amarah adalah jalan menuju sifat-sifat kesabaran yang ketaqwaan. Itulah kenapa berpuasa sebulan penuh saat Ramadhan bisa membimbing seorang muslim untuk mencapai kesalehan dan  ketawaan.

  1. Terdapat Malam Lailatul Qadar

Pada malam di 10 hari terakhir saat bulan puasa ramadhan adalah waktu-waktu yang di antaranya ada malam-malam Lailatul Qadar, di mana malam ini sangat baik untuk diisi degan doa-doa kebaikan dan mukjizat bisa turun bagi umat Islam di malam Lailatul Qadar tersebut.

Nah, setelah mengetahui 7 keutamaan bulan puasa di atas. Lalu bagaimana kita menjalankan ibadah puasa yang benar. Puasa sesungguhnya adalah menahan diri dari makan dan minum dan segala yang membatalkannya dari terbitnya fajar hingga tergelincirnya matahari atau saat maghrib tiba. Yang menjadi penanda saat umat muslim harus berhenti makan dan minum adalah waktu imsak. Secara terminologi, imsak bersalah dari bahasa Arab yang berarti menahan. Imsak ini munculnya fajar shiddiq di ufuk timur langit pagi. Fajar ini memiliki dua jenis yaitu fajar katib yang berarti fajar yang menipu karena setelah munculnya fajar ini, kemudian dengan cepat langit akan menghitam kembali. Sedangkan fajar yang kedua adalah fajar shiddiq yitu fajar yang sebenarnya, karena setelah terbitnya fajar ini juga diiringi dengan terbitnya matahari. Nah, waktu inilah yang menjadi tanda dimana seorang harus berhenti makan sahur dan mulai untuk berpuasa hingga nanti saatnya untuk berbuka pada sore hari.

jadwal imsakiyah 2017 di setiap daerah akan berbeda beda karena hal ini dipengaruhi adanya perbedaan geografis dan rotasi bumi terhadap matahari yang membedaan waktu siang dan malam di setiap tempat berbeda. Sehingga sebagai umat muslim, kita harus benar-benar memperhatikan waktu imsak yang tepat agar ibadah puasa yang kita jalani juga menjadi ladang berkah untuk kita.

Nah, itulah tadi ulasan singat tentang jadwal imsakiyah 2017 yang bisa menjadi bahan rujukan bagi anda. Terimakasih dan selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *