Jadwal Imsakiyah Lengkap Dan Akurat

Jadwal Imsakiyah Lengkap Dan Akurat

Jadwal Imsakiyah – Sebentar lagi kita akan menghadapi bulan Ramadhan. Pastinya kita akan menjalankan ibadah wajib yakni berpuasa. Puasa merupakan kondisi dimana seseorang menahan dari segala hal yang ada pada dirinya, baik itu makan dan minum, maupun syahwat. Terkadang kita masih dibingungkan oleh tanda kapan puasa boleh dilakukan.Jadwal Imsakiyah Lengkap Dan Akurat

Imsak juga berlaku terhadap puasa di luar puasa wajib seperti puasa Ramadhan. Pengertian imsak diambil dari bahasa Arab yaitu amsaka yumsiku imsak yang artinya menahan. Jadi, dari pengertian menahan artinya waktu imsak adalah waktu dimulainya untuk menahan dari segala hal yang membatalkan puasa. Namun, di saat imsak masih diperbolehkan untuk makan dan minum, selama anda belum memasuki waktu subuh. Sayangnya, secara istilah yang umum dipahami mengenai arti imsak adalah saat seseorang harus memulai berhenti makan sahur agar tidak terlewat sampai masuk subuh. Pengertian tersebut kurang tepat.

Sama dengan penjelasan terkait pengertian imsak di atas bahwa batas mulai puasa bukanlah masuknya waktu imsak, namun yang benar masuknya waktu subuh. Sehingga jelaslah sesuai pengertian imsak, asalkan belum masuk waktu shubuh, kita masih boleh untuk makan, minum dan melakukan hal-hal yang lainnya. Tidak ada ketentuan kita sudah harus imsak sebelum masuknya shubuh. Sebab batas mulai puasa itu bukanlah sejak ‘imsak’, melainkan sejak masuknya waktu shubuh.

Lalu bagaimana saat kita hendak berpuasa namun waktunya sangat mepet dan sudah memasuki awal imsak? Sesuai pengertian imsak di atas, jika kita bangun untuk makan sahur namun waktu sudah sangat dekat dengan waktu adzan subuh baik masjid, radio, dan televisi sudah menyatakan imsak, tak usah khawatir. Karena sebenarnya kita masih punya waktu 10 sampai 15 menit lagi untuk makan sahur. Manfaatkanlah waktu tersebut dengan makan dan minum secukupnya. Gunakan 10 menit itu untuk makan sahur agar puasa siang hari tidak akan terasa berat.

Ketentuan waktu imsak sebagai kehati-hatian atau  ini didasarkan hadis Rasul yang diriwayatkan oleh Sayyidina Anas. Hadis tersebut menunjukkan bahwa jarak atau interval waktu antara bersahurnya Rosulullah saw. dan azan Subuh adalah kira-kira 50 ayat. Itu artinya bahwa Rasul saw tidak lagi makan sahur hingga berkumandangnya azan subuh. Pada redaksional hadis disebutkan bahwa Rasul saw. bersahur dan berhenti kira-kira waktu yang diperlukan untuk membaca 50 ayat Alquran sebelum masuk waktu subuh. Inilah yang dipahami para ulama kita, sehingga menetapkan sunnah berimsak sekitar waktu yang diperlakukan untuk pembaca 50 ayat Alquran tersebut yang diperkirakan 10–15 menit.Jadwal Imsakiyah Lengkap Dan Akurat

Itulah sekelumit tentang pengertian imsak. Adapun kriteria dalam menentukan Jadwal Imsakiyah dan Jadwal Sholat menurut Kemenag Republik Indonesia, adalah:

  1. Imsak 10 menit sebelum masuk waktu Subuh.
  2. Subuh ketiak Matahari berada pada sudut -20° di bawah horizon Timur ditambahkan ihtiyati 2 menit.
  3. Syuruq atau Terbit saat Matahari terbit dikurangi ihtiyati 2 menit.
  4. Dhuha ketika Matahari berada pada sudut 4,5° di atas horizon setelah terbit ditambah dengan ihtiyati 2 menit.
  5. Zuhur ketika saat Matahari melintas Meridian (zawal/istiwa/noon) ditambah dengan ihtiyati 2 menit.
  6. Ashar ketika panjang bayangan Matahari = panjang benda + panjang bayangan benda saat Zuhur ditambah ihtiyati 2 menit.
  7. Maghrib ketika saat Matahari terbenam ditambah ihtiyati 2 menit.
  8. Isya’ ketika Matahari berada di sudut -18° di bawah horizon Barat ditambah dengan ihtiyati 2 menit.

Jika anda masih bingung dengan waktu imsakiyah, sebaiknya anda lihat Jadwal Imsakiyah yang akurat dan lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *