Mau Beli Gamis Bahan Sifon? Kenali Dulu Jenisnya Biar Tidak Salah Pilih!

Mau Beli Gamis Bahan Sifon? Kenali Dulu Jenisnya Biar Tidak Salah Pilih!

Membeli baju gamis bahan sifon memang terlihat sangat bagus karena kain terlihat jatuh dan tidak bergelembung saat dibuat aneka model. Kain sifon memiliki karakteristik yang lembut dan halus dan sedikit berkilau, sehingga sering dijadikan bahan alternatif pengganti kain sutera yang mahal. Tapi tahukah Anda kalau sebenarnya ada beberapa jenis sifon? Yang pasti setiap jenis sifon ini memiliki kualitas tersendiri beserta kelebihan dan kekurangannya. Nah, sebelum memutuskan membeli baju gamis dari bahan ini, baiknya ketahui dulu jenis-jenis sifon biar tidak tertipu, apa lagi saat berbelanja online.Gamis Bahan Sifon

Gamis Bahan Sifon Yang Wajib Anda Ingat-ingat

Silk Chiffon

Kebanyakan kain sifon memang terbuat dari serat buatan yang dibuat semirip mungkin dengan sutera. Tapi sebenarnya, kain sifon ini juga ada yang memakai serat sutera yang umumnya dipakai untuk busana pesta, khususnya baju pengantin. Efek yang dihasilkan saat memakai gamis bahan sifon sutera tentu saja sangat berbeda. Anda terlihat lebih elegan karena memberikan kilau yang khas. Terlebih lagi, jatuhnya kain ini sangat bagus mengikuti gerakan Anda.

Namun demikian, ada beberapa kekurangan yang harus Anda perhatikan. Silk chiffon ini mudah sekali robek karena terbuat dari campuran serat alami. Anda harus melakukan perawatan khusus supaya awet dan kecantikan baju gamis bahan sifon terjaga. Selain itu, baju yang terbuat dari kain silk chiffon jauh lebih lebih mahal dari yang lainnya.

Cotton Chiffon

Kain jenis ini terbuat dari serat kapas dengan karakteristik mirip kain silk chiffon. Bedanya, kain ini mampu menyerap keringat lebih baik. Anda bisa menggunakan sifon jenis ini untuk berbagai item fashion mulai dari syal, kerudung, blouse atau gamis sekalipun. Namun demikian, jenis kain ini harus dikombinasikan dengan inner agar tidak menerawang saat dipakai.

Polyester Chiffon

Sifon jenis ini jauh lebih murah dengan beberapa keunggulan yang tidak dimiliki jenis sifon lainnya. Polyester chiffon ini memiliki serat yang kuat, lembut dan memiliki kilau seperti sutera. Sayangnya, karena seratnya yang padat, tidak heran kain ini sangat susah diwarnai.

Nylon Chiffon

Jenis sifon yang ini memang sangat mirip dengan polyester. Cuma kualitasnya ada dibawahnya. Namun demikian ada cara yang bisa Anda tandai supaya tidak keliru pilih. Sifon polyester ditenun dengan teknologi plain wave, sementara untuk sifon dari bahan nylon dibuat dengan cara knit wave.

Rayon Chiffon

Satu lagi jenis kain yang sering digunakan dalam baju gamis bahan sifon, rayon chiffon. Bahan utama kain ini terbuat dari bahan semi-sintetis. Untuk karakteristiknya, kain ini tidak memiliki banyak perbedaan.

https://www.youtube.com/watch?v=EMqybkcZQWU

Blend Chiffon

Bila Anda menginginkan baju gamis bahan sifon dengan harga yang lebih murah dari sutera tapi harga terjangkau, blend chiffon bisa jadi alternatif paling bagis. Karena bahan intinya adalah perpaduan sutera dan polyester, maka jenis kain ini memiliki karakter yang lebih kuat namun masih memiliki sisi elegan. Sifon jenis ini memiliki turunan seperti sifon ceruti, sifon hycon dan sifon crepe. Bahan ini merupakan bahan yang paling banyak digunakan oleh desainer dalam berkreasi pakaian.

Nah, itulah jenis-jenis kain sifon yang wajib Anda pahami sebelum membeli baju gamis bahan sifon. Kalau membeli baju gamis online, nanti jangan lupa ditanyakan jenis sifonnya sifon apa, sehingga Anda tidak tertipu dengan harga. Pengetahuan soal kain ini perlu supaya Anda memiliki gambaran detail soal patokan harga termurah dan tertinggi sebuah busana muslim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *