Tips Agar Anak Tidur Nyenyak

Tips Agar Anak Tidur Nyenyak

Tips Agar Anak Tidur Nyenyak, Ketika Anda mempunyai anak yang masih bayi, tentunya butuh pengorbanan waktu, jiwa, dan raga untuk merawat bayi Anda. Apalagi pada saat malam hari, karena si kecil akan terbangun secara tiba-tiba dan akan mengganggu tidur Anda dalam jangka waktu yang tidak bisa ditentukan. Anda sebagai orang tua harus banyak bersabar mengatasi permasalahan si kecil karena demi perkembangan baik sang anak, termasuk waktu tidurnya. Banyak penyebab yang mungkin bisa menyebabkan anak Anda terbangun dengan tiba-tiba disaat malam hari. Oleh karena itu, dibawah ini akan dibagikan beberapa tips untuk Anda agar si kecil bisa tidur dengan nyenyak pada saat malam hari.

Beberapa Tips Agar Anak Tidur Nyenyak

Bayi memang mempunyai jam tidur yang tidak teratur, terkadang ia bisa bangun sepanjang pagi hari, tidur pada siang hari dan begadang pada malam hari atau sebaliknya. Bayi yang masih berusia dibawah 6 bulan akan sering terbangun dari tidurnya secara tiba-tiba dibandingkan bayi yang sudah memasuki usia 1 tahun dan 2 tahun keatas. Tentu sang Ibu akan terganggu pula jam tidurnya jika si kecil terus menerus terbangun. Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa melakukan beberapa tips agar anak Anda dapat tidur nyenyak seperti yang ada dibawah ini Tips Agar Anak Tidur Nyenyak :

1. Mandikan Si Kecil Dengan Air Hangat
Tips pertama yang bisa membantu Anda agar anak dapat tidur nyenyak adalah dengan cara memandikannya. Sebelum menidurkan bayi Anda, ada baiknya bila si kecil dimandikan dengan air hangat terlebih dahulu. Air hangat dirasa mampu membantu Anda untuk membuat anak Anda tidur lebih nyenyak dibandingkan dengan air dingin. Si kecil akan merasa nyaman karena air hangat tersebut dapat membantu memperlancar sirkulasi peredaran darah dan melemaskan otot-otot si kecil sehingga membantunya untuk tidur dengan nyenyak. Anda juga bisa menambahkan pijitan-pijitan halus kepada si kecil saat mandi untuk menciptakan rasa rileks pada tubuh bayi Anda.

2. Jangan Biarkan Si Kecil Kelaparan
Saat Anda ingin menidurkan si kecil, jangan biarkan ia tidur dalam kondisi lapar karena ia akan lebih sering terbangun karena rasa lapar tersebut. Aturlah jam makan atau menyusui si kecil sebelum ia tertidur maupun saat sudah terbangun. Karena apabila anak Anda tertidur pada kondisi yang cukup kenyang, hal ini akan membantunya untuk tidur lebih lelap. Namun, perlu Anda ingat bahwa jika anak Anda sedang tertidur, jangan membangunkannya untuk memberikan ia makan lagi karena si kecil akan dengan sendirinya terbangun bila merasa lapar.Tips Agar Anak Tidur Nyenyak

 3.    Buatlah Suasana yang Nyaman Untuk Si Kecil
Suasana yang nyaman yang ada juga dapat membantu anak tidur dengan nyenyak. Rasa nyaman ini bisa didapat dari apa yang ada ditubuh si kecil sendiri dan dari lingkungan sekitar. Apabila Anda ingin menidurkan si kecil, pastikan jika pempers yang dipakai si kecil nyaman dipakai dan tidak penuh dengan kotoran. Pastikan juga anak Anda tidak kedinginan saat tertidur. karena rasa dingin akan membuat ia tidak nyaman dan lebih sering terbangun dari tidurnya. Dan hal terpenting adalah jangan membuat kegaduhan yang dapat membangunkan anak Anda.

Demikianlah beberapa tips yang dapat membuat anak Anda tidur dengan nyenyak. Selain beberapa tips yang telah disebutkan diatas, Anda juga harus berada disampingnya saat si kecil hendak tidur. Karena aroma tubuh yang Ibu miliki juga dapat membantunya untuk tidur dengan lelap. Semoga tips-tips tersebut bermanfaat dan dapat membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *