Tips Memilih Jurusan Kuliah untuk Anak

Tips Memilih Jurusan Kuliah untuk Anak

Menentukan masa depan anak memang bukan perkara yang mudah terutama dalam menentukan kuliah. Kita sebagai orang tua tentunya ingin yang terbaik bagi anak. Namun, terkadang pilihan orang tua justru tidak disukai oleh anak itu sendiri. Maka dari itu Anda yang sebagai orang tua harus bisa melihat potensi minat dan bakat pada anak. Dalam menentukan jurusan untuk anak kita tentu akan terlebih dahulu mempertimbangkan beberapa hal mulai dari biaya, kualitas universitas, para alumninya dan prospek kerjanya. Untuk bisa memilih jurusan yang tepat bagi anak lebih baik Anda membaca tips memilih jurusan kuliah yang cocok untuk anak dibawah ini.

Inilah 5 Tips Memilih Jurusan Kuliah untuk Anak

  1. Minat dan Bakat Pada Anak

Banyak sekali mahasiswa yang memilih jurusan karena melihat prospek kerjanya di masa mendatang. Bahkan antara minat dan bakat pada si anak tersebut berbeda dengan jurusan yang diambil. Anda sebagai orang tua harus bisa menemukan minat dan bakat pada anak. Jika sudah menemukannya, Anda bisa menyarankannya untuk masuk ke jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Salah satu hal penting dalam menentukan jurusan kuliah adalah ketertarikan pada bidang tersebut. Jika anak merasa tertarik maka sesulit apapun kuliahnya akan bisa dihadapi dengan santai dan senang.

  1. Mempertimbangkan Biaya Kuliah

Uang juga menjadi salah satu pertimbangan penting dalam memilih jurusan kuliah. Sebagai orang tua tentunya Anda harus bisa memperhitungkan masalah biaya, apakah sanggup atau tidak untuk membiayai kuliah anak hingga lulus. Jika memang kondisi keuangan tidak memungkinkan maka tidak usah memaksakan diri. Anda bisa menyuruh anak untuk mencari beasiswa dari jurusan yang dipilih.

  1. Melihat Situasi Global

Tips memilih jurusan kuliah yang tepat untuk anak adalah melihat situasi global. Kita ini hidup di era globalisasi dengan teknologi yang berkembang pesat. Anda sebagai orang tua harus bisa mempertimbangkan apakah jurusan yang akan diambil oleh anak bisa memberikan prospek kerja yang bagus di masa depan atau tidak. Jadi untuk bisa mengetahui jurusan yang kedepannya akan banyak dibutuhkan, Anda bisa menyuruh anak untuk bergabung di forum pengalaman sesuai dengan bidang jurusan yang hendak diambil.

  1. Meminta Masukan Dari Orang Lain

Jika memang belum bisa menemukan jurusan yang tepat untuk anak, Anda bisa meminta pendapat kepada saudara atau kerabat yang sudah pernah kuliah di universitas tersebut. Mereka akan memberikan kelebihan dan kekurangan pada universitas dan jurusan yang akan diambil. Dengan adanya masukan seperti itu maka Anda bisa mempertimbangkannya apakah universitas dan jurusan tersebut tepat untuk anak.

  1. Mencari Alternatif

Jika Anda sudah mempertimbangkan semua hal tersebut dan tidak mendapatkan jurusan yang diinginkan untuk anak maka harus mencari alternatif lainnya. Alternatif tersebut bisa saja mencari jurusan lain atau menunda kuliah hingga tahun depan. Dengan alternatif seperti ini tentunya anak Anda bisa lebih siap dan percaya diri untuk menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi.

Jadi, mulai dari sekarang persiapkanlah semua kebutuhan untuk anak masuk perguruan tinggi. Jangan sampai anak galau dalam memilih jurusan yang hendak diambil. Anda sebagai orang tua juga harus memperhatikan tips-tips diatas agar tidak salah dalam memilih jurusan kuliah yang tepat untuk anak. Pertimbangkan secara matang agar anak tidak menyesal dan malas-malasan dalam kuliah. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap masa depan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *